Ahmad Mukhlis Yusuf : Pribadi yang Senang Belajar

Ahmad-mukhlisSejak kecil berkeinginan menjadi seorang diplomat dan senang bergaul, kini ia mengemban tugas sebagai Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA. Tugas ini memungkinkannya menjalankan aktivitas diplomasi public, sebagai bagian dari secondtrack diplomacy.

Ahmad Mukhlis Yusuf menunjukkan dedikasi yang tinggi sebagai seorang pemimpin terhadap lembaga yang dipimpinnya. Ia memiliki pandangan bahwa lebih banyak mendengar dan berkomunikasi dengan karyawan dan pemangku kepentingan lainnya, akan memperoleh kearifan dan wawasan baru dalam tindakan dan perbuatan.

Hobinya berkawan membawanya pada aktivitas di berbagai organisasi sosial, diantaranya ICMI, Baznas, Himpunan Alumni IPB, Mathla’ul Anwar (MA), IPHI dan berbagai organisasi profesi seperti Persatuan Insinyur Indonesia (PII), ISPIKANI dan Association of Productivity Specialists (APS).

Pria kelahiran Pandeglang, Banten tahun 1967 merupakan alumnus IPB tahun 1990. Ia masih mengingat NRPnya C221172. Ahmad Mukhlis Yusuf yang biasa dipanggil MY ini adalah lulusan Sosial Ekonomi Perikanan (SEI), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Pada saat kuliah, ia aktif dan sempat memimpin berbagai kegiatan organisasi, diantranya Majalah Mina Warta, Senat Mahasiswa FPIK, Forum Komunikasi Senat Mahasiswa IPB, dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bogor.

Ayah satu puteri ini kemudian melanjutkan pendidikan bisnis dan manajemen di Asian Institute of Management (AIM) Philippines tahun 1998 dan Instutude’s Polituqeus (Science-Po) Prancis tahun 1999. Selanjutnya, pada tahun 2006 suami Annis D. Raksanaga ini menyelesaikan Program Doktor nya di Program Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

MY memilih karirnya sebagai seorang profesional dengan mengisi sebagian waktunya untuk pendidikan dan pengabdian sosial. Tahun 1990, ia mengawali karirnya sebagai peneliti Aquatic Consultans yang dipimpin oleh Mustafa Abubakar (kini Menteri BUMN) dan PAN ASIA  Research yang dipimpin Ekie Syahrudin (alm) hingga tahun 1993.

Setelahnya, MY kemudian bekerja sebagai Konsultan Manajemen di IMPAC Consulting yang berpusat di Punta Gorda (Florida, USA) hingga tahun 1996 untuk wilayah Asia Tenggara dan setelahnya sering menangani beberapa klien secara independen.

Selain sebagai seorang professional, ia sangat menyenangi dunia akademik yang diaplikasikannya dengan menjadi seorang dosen tamu atau paruh waktu termasuk mengisi pelatihan berbagai organisasi intra dan ekstra-universiter.

Karirnya terus meningkat setelah menyelesaikan program masternya pada tahun 1998, sampai tahun 2000, ia dipercaya menjadi Direktur PT. Citra Industri Logam Mesin Persada (CILM), salah satu mantan kliennya.

Selanjutnya, sejak tahun 2000, MY bersama beberapa koleganya mendirikan perusahaan jasa konsultasi dalam bidang manajemen Bisnis dan Komunikasi Pemasaran sembari mengajar paruh waktu di BINUS Business School (BBS) dan almamaternya, IPB. Tahun 2006 s.d 2007, ia diminta memimpin Program Manajemen Bisnis di Program MM BBS, Universitas Bina Nusantara.

Pada Oktober 2007, ia non aktif dari perusahaan jasa konsultan dan BBS tersebut karena diamanahi sebagai Direktur Utama Perum LKBN ANTARA dan sekaligus memimpin OANA, Organization of Asia Pacific News Agencies (OANA) yang beranggotakan 41 kantor berita di wilayah Asia-Pacifik.

Aktivitasnya kini, selain menjalani kegairahannya sebagai professional, belajar menjadi suami dan ayah yang bertanggung jawab, juga aktif dalam kegiatan social dan berbagai gerakan yang bertujuan dalam pembangunan karakter anak-anak muda dan mahasiswa.

Baginya, hidup adalah proses pembelajaran seumur hidup untuk menjadi manusia yang bermanfaat dan bernilai di hadapan Tuhan. Proses belajar ingin dilakukannya hingga ajal menjemput. Tak terbatas di kampus dan sekolah, melainkan di keluarga, masyarakat, lingkungan kerja, dan masyarakat pada umumnya.

Sebagian waktunya kini, ia dedikasikan untuk mengunjungi taman-taman baca atau mengisi pelatihan motivasi pemuda atau mahasiswa dan mengajak mereka agar melatih diri untuk persaingan global yang makin ketat. Ia juga aktif di jejaring social twitter melalui account @mukhlisyusuf.

Leave a Reply


lima − 1 =

Copyright © 2013 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)