Alumni IPB Galang Aksi Dana Abadi Pendidikan

Financial.id, Jakarta. Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB), melalui Yayasan Alumni Peduli IPB, menggelar ajang pengumpulan dana abadi pendidikan, kemarin, di Jakarta.

 

Direncanakan nantinya dana abadi tersebut untuk mendanai para mahasiswa IPB yang berstatus ekonomi kurang mampu. Pada acara itu berhasil terkumpul Rp 24 miliar.

 

“Program dana abadi ini merupakan wujud tanggung jawab alumni IPB untuk almamater dan mahasiswanya sehingga meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia secara umum,” kata Ketua Yayasan Alumni Peduli IPB Fathan Kamil

 

Menurut Fathan, saat ini metode sumbangan secara reguler telah ditinggalkan dan hanya mengandalkan sumbangan yang bersifat tidak reguler.

 

Namun, ungkap Fathan, yayasan tetap memerlukan sumber dana yang berkelanjutan guna mendanai program-program beasiswa dan pengembangan kapasitas mahasiswa IPB.

 

“Karena itu kini kita menggunakan sistem reksadana yang akan menggalang modal dari para investor agar mereka bisa ikut membantu pembiayaan pendidikan secara terus menerus melalui berbagai investasi yang dijalankan. Buah atau laba dari investasi itulah yang akan digunakan untuk membiayai program-program Yayasan Alumni Peduli IPB. Adapun pokok modalnya akan tetap menjadi milik para investornya,” tutur Fathan.

 

Dana Abadi yang diperoleh bersumber dari donasi alumni IPB sebesar Rp 1 miliar, penempatan dana dari beberapa lembaga, di antaranya PT KSEI Rp 8 miliar, dana pensiun PT Telkom Rp 5 miliar, PT Bursa Efek Indonesia Rp 5 miliar dan PT Bahana Rp 5 miliar.

 

Penggunaan dana melalui Yayasan Alumni Peduli IPB meliputi beasiswa regular, beasiswa unggul, pelatihan kewirausahaan sosial, workshop dan coaching serta pelatihan kepemimpinan.

 

Sedangkan Bambang Hendroyono sebagai Ketua HA IPB mengharapkan, Yayasan Alumni Peduli IPB dan dana abadi merupakan solusi nyata dari alumni untuk mahasiswa yang tidak mampu ekonominya selama ini.

 

“Program ini merupakan sejarah baru untuk IPB dan alumninya dalam menjamin kelangsungan pendidikan mahasiswa, khususnya yang tak berkecukupan” ujar Bambang.

 

Rektor IPB Herry Suhardiyanto juga menyambut baik keberadaan Yayasan Alumni Peduli IPB serta dana abadinya. Herry menuturkan, IPB menyandang julukan Kampus Rakyat karena beragam diversitas mahasiswa dari Indonesia.

 

“Alumni dan almamater yang kuat akan menghasilkan perguruan tinggi yang hebat dengan kualitas pendidikan yang juga baik,” ucap Herry.

 

Namun 70 persen dari mahasiswa IPB secara ekonomi di bawah standarisasi kelayakan. Banyak juga dari mereka yang tidak dapat melanjutkan studi mereka karena kekurangan dana. (has/deb/ch)
Sumber : Financial.id

 

 

Leave a Reply


satu + = 9

Copyright © 2017 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)