Gelar Agriculture Outlook

agriculture outlook

Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) siang ini (19/12/2013) menggelar talkshow Agriculture Outlook 2014 di Ruang Rimbawan I, Gedung Kementerian Kehutanan, Jakarta.

Talkshow yang mengambil tema “Membangkitkan Optimisme Pertanian Indonesia 2014 Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor” menampilkan pembicara kunci, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Perum Bulog Sutarto Ali Muso, Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB Prof.Hermanto Siregar, dan anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, Viva Yoga Mauladi. Peserta talkhsow, segenap alumni IPB, mahasiswa, dan pegiat pertanian di Tanah Air.

Ketua Umum HA IPB, Bambang Hendroyono, kepada Jurnas.com, pagi ini mengatakan, pihaknya menggelar agenda agriculture outlook sebagai tanggung jawab moril secara organisasi untuk memperjuangkan pertanian dan nasib para petani di Indonesia. “Mungkin sebagian besar dari kita sering mendengar acara bertema outlook di akhir tahun. Yang paling seksi tentu saja outlook politik ataupun outlook ekonomi. Tanpa bermaksud mengekor, kami dari Himpunan Alumni IPB, sebagai organisasi yang secara moril memiliki tanggung jawab terhadap masa depan pertanian Indonesia berinisiatif untuk melangsungkan acara ini,” katanya.

Bambang yang juga Dirjen Bina Usaha Kehutanan (BUK) Kementerian Kehutanan ini, menjelaskan HA IPB yang beranggotakan 114 ribu orang dan tersebar di seluruh propinsi Indonesia siap dan bersedia menyuarakan kembali pertanian di dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. “Meskipun arena pengabdian kami alumni IPB saat ini berbeda-beda, tetapi kesamaan nasib pernah belajar di IPB mengharuskan kita memperjuangkan pertanian dan nasib para petani. Kami anggap, memperjuangkan nasib petani dan pertanian adalah sebuah misi suci yang harus kami lakukan,” kata Bambang.

Bambang menambahkan saat ini para petani di Indonesia tengah menghadapi gempuran berbagai macam produk pertanian impor yang membanjiri pasar. Gempuran produk impor tersebut secara nyata telihat dari super market, pasar modern hingga pasar-pasar tradisional.

“Kami dari HA IPB sudah beberapa tahun ini mengkampanyekan konsumsi buah lokal untuk menghadapi derasnya buah impor. Apa yang kami lakukan adalah demi menyelamatkan produk petani-petani kita. Kami sudah berikrar untuk tidak membiarkan para petani di perdesaan berjuang sendirian menghadapi gempuran komoditas impor,” jelasnya.

http://m.jurnas.com/news/117695/Gelar_Agriculture_Outlook_Alumni_IPB_Dorong_Optimisme_Pertanian_Indonesia_/1/Nasional/Politik-Keamanan/#sthash.IHyYW7wb.dpuf

1 Comment

  1. mulawarmansyah mengatakan:

    Perlu dikonkretkan dengan usaha nyata, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha… juga harus ada diskresi kebijakan, jangan sedikit-sedikit disalahkan dan dianggap penyelewengan… dikait-kaitkan dengan masalah hukum. Kita jadi susah bergerak.

Leave a Reply


sembilan + = 14

Copyright © 2014 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)