Ance Trio Marta : Pengusaha Sukses Ikan Bawal

anceSukses dengan ikan bawal, penghargaan yang pantas kiranya disandangkan kepada seorang Ance Trio Marta. Ya! Muda dan sukses dalam dunia bisnis itulah Ance Trio Marta yang juga seorang alumnus Institut Pertanian Bogor. Pria kelahiran Padang, 29 Maret 1986 ini merupakan alumni IPB Departemen Agribisnis.

Ance lebih memilih berwirausaha sebagai jalan meniti karir. Baginya dengan berwirausaha akan memberikan manfaat kepada banyak orang. Awal usahanya berdiri pada tanggal 18 September 2007. Modal awal sebanyak Rp. 8 juta yang digunakan merupakan sisa dari dagang roti dan bisnis MLM. Usahanya bergerak dalam usaha pembesaran ikan lele dari satu kolam berkembang sampai 10 kolam. Akan tetapi, pada awal usahanya ia mengalami krisis dan merugi sampai Rp. 90 juta.  Ance tidak putus asa ia melakukan modifikasi usaha dengan pembibitan ikan lele meskipun kemudian gagal lagi.

Berulang kali gagal dalam menjalankan bisnis, tidak lantas membuat Ance patah arang. Ia kemudian beralih dalam bidang pembenihan ikan bawal dengan pinjaman dari BRI senilai Rp. 6 juta. Bahkan agunan yang digunakan pada saat itu adalah sertifikat rumah salah seorang petani yang ia gandeng sebagi mitra. Ance terus menekuni bidang pembenihan dan pembesaran ikan bawal karena dianggap lebih menguntungkan. Perjuangan kerasnya membuahkan hasil yang cukup besar. Ia memperoleh untung dari pembenihan sekitar 70% dari omset bisnisnya sebesar Rp. 25 juta.

Kegagalan demi kegagalan menjadi bagian dari bisnis yang dijalankan Ance. Bahkan ia pun pernah merasakan kegagalan saat ikan yang akan dipanen dicuri orang. Ia tetap berdiri tegak dan berusaha mengambil pelajaran dari setiap kegagalan yang dialaminya. Tahun 2009, ia berhasil lolos dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan mendapat bantuan modal. Keikutsertaannya dalam program PMW ini pula yang mengantarkan Ance menjadi pemenang juara pertama Wirausaha Muda Mandiri kategori industri dan jasa tahun 2009. Bisnis Ance kian berkembang, bahkan saat ini ia membuka sebuah tempat makan yang terletak dekat kampus IPB, Dramaga-Bogor.

Kesuksesan wirausaha Ance tidak diperoleh secara instan. Sejak kecil ia telah mengasahnya. Ia menuturkan bahwa dulu ayahnya adalah seorang kontraktor di Riau. Namun kemudian ayahnya bangkrut dan asetnya dijual guna menutupi kebangkrutan tersebut. Keluaranya pun pindah ke kampung, saat itu ance kelas tiga SD. Di kampung, orang tuanya bertani untuk mempertahankan hidup. Maka saat di kelas empat Ance mulai usaha dengan menjual apa saja seperti gorengan dan sayuran tanpa sepengetahuan orang tuanya. Uang hasil usahanya tersebut ia gunakan untuk membeli buku. Sampai SMA, beragam usaha dan pekerjaan telah ia jalani misalnya kondektur angkutan dan guru privat. Ance menyatakan bahwa hasilnya memang tidak seberapa, namun semangat kerja itu yang penting.

Kondisi ekonomi yang pas-pasan tersebut juga tidak menyurutkan semangat Ance untuk menikmati bangku kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat diterima di IPB, baju dan sepatu ketika SMA ia bawa semua ke Bogor supaya bisa berhemat. Sampai di Bogor, ia mulai memutar otak untuk membiayai kuliah. Ketika masih semester I di IPB tahun 2005, ia berdagang roti keliling ke tempat-tempat kos. Lalu pada tahun 2007 ia mulai melirik usaha perikanan. Hal itu diawali ketika ia mengantarkan seorang teman untuk membeli tanah, ia melihat ada kolam yang tidak dirawat di Desa Cibuntu Kulon, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Kolam itu kemudian ia sewa tiga ratus ribu per tahun. Luasnya sekitar lima ratus meter persegi. Ia pun mulai menebar ikan lele, tetapi empat kali rugi. Setelah pindah ke kolam lain baru berhasil, ternyata, kolam tersebut terlalu dingin sehingga tidak cocok untuk lele., Kolam itu kini menjadi kolam pembibitan ikan bawal, ikan yang mengantarkannya kepada kesuksesan seperti sekarang.

2 Comments

  1. Uriyanto mengatakan:

    hebat perjuangannya, memberi motivasi sekali… apakah sampai saat ini beliau masih eksis di bisnis ikan bawal?

  2. Abah adit mengatakan:

    Sangat menginspirasi, saat ini sy mau buka pembesaran bawal di bbrp empang, bs dpt nomer contact pak ance, trims

Leave a Reply


5 × = empat puluh

Copyright © 2013 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)