Andi Buchari : Sukses Berkarir di Bank Muamalat

andi-buchariYou can, because you think you can! salah satu motto hidup seorang Andi Buchari yang membawanya pada puncak karir.  Pria kelahiran Jakarta, 31 Agustus 1966 ini adalah keturunan Sulawesi-Bali, ayahnya (H. Andi Fathoeddin, alm) adalah keturunan Bugis dan ibunya (Hj. Sriwedari, alm) keturunan Bali. Masa kecil ia lalui di Mataram – Lombok (NTB), salah satu pulau yang terkenal akan keindahannya. Pada tahun 1978, ayahnya dipindahtugaskan ke Jakarta dan sejak saat itu ia tinggal di Jakarta. Suami Dini Fitriastuti ini sangat gemar membaca sehingga beberapa penghargaan dan prestasi mampu diraihnya.

Andi menempuh pendidikan formal sampai ke perguruan tinggi. Ia meraih gelar sarjana perikanan dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1988 dengan predikat yang memuaskan sebagai lulusan mahasiswa terbaik. Ia juga pernah menjadi mahasiswa teladan, Fakultas Perikanan IPB tahun 1987. Andi kemudian meneruskan pendidikan formalnya ke jenjang S2 (1994) dan memperoleh gelar master (1996) di bidang Magister Manajemen (Finance) dari Universitas Atmajaya dengan predikat Cum Laude sekaligus sebagai lulusan terbaik.

Andi juga menempuh pendidikan non formal diantaranya tahun 2004 mengikuti Certification of Excecutive Risk Management di Amsterdam – Belanda, Islamic Banking and Finance Summer School (2005) di Davos – Switzerland, tahun 2010 Risk Management di London. Tahun 1994 – 2011 speaker and/or participant in more than 100 international and domestic trainings, seminars, conference and business events in islamic banking and finance, general banking and international business di beberapa negara antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, Hongkong, Qatar, Kuwait, India, Belgia, da Indonesia.

Ayah dari Andi M. Auzan Satriayudha dan Andi Annisa Z. Ramadhania ini juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Pria yang juga mempunyai motto hidup handle yourself with your mind, handle other people with your heart mampu bersosialisasi dan membuat nyaman rekan seorganisasinya.

Beberapa organisasi yang pernah ditekuninya antara lain tahun 2004 – 2010 sebagai wakil bendahara umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia), tahun 2009 sampai sekarang sebagai bendahara I MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), sebagai wakil ketua umum di PINBUK (centre for micro enterprise incubation) pusat tahun 2007 sampai sekarang, wakil ketua komite tetap hubungan perbankan KADIN pusat (2010), dan menjabat wakil ketua komite tetap bidang kelautan dan perikanan KADIN pusat (2011-sekarang).

Andi mengawali karir pekerjaannya tahun 1988 – 1989 sebagai branch manager di PT. Sekar Laut, Cirebon. Ia kemudian berpindah kerja ke PT Kujang United Catalysts sebagai deputy manager, sales, and logistics tahun 1989 – 1993. Tahun 1993 merupakan tahun peralihan ia ke dunia perbankan. Pada tahun yang sama, ia menjadi lulusan terbaik Muamalat Officer Development Program (ODP). Sejak saat itu sampai tahun 2004, ia mulai berkarir di salah satu bank syariah Indonesia, PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk sebagai head of division : (corporate secretary, internal audit, treasury & investment banking, marketing corporate banking).

Tahun 2000-2004 sebagai manajer untuk wilayah regional Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. Motto hidupnya yang ketiga, you can, because you think you can sudah cukup menggambarkan bahwa Andi Buchari selalu memberikan kontribusi terbaiknya. Tahun 2004-2007 menjabat sebagai compliance and corporate support director. Selanjutnya, tahun 2007-2009 sebagai director, finance, and administration, project director, international business development. Alumnus IPB ini semakin mengepakkan sayap karirnya hingga ke Malaysia di First Islamic Investment Bank Ltd. menjabat sebagai direktur (2008-2009). Tahun 2009-2010 ia kembali ke PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. menjabat sebagai compliance and corporate planning director. Karir Andi Buchari terus meningkat, saat ini ia menjabat sebagai direktur compliance and risk management PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

1 Comment

  1. Nelly Oswini mengatakan:

    Sukses ya Andi

Leave a Reply


sembilan + = 10

Copyright © 2013 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)