Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 50

ipbKetua Perhimpunan Orangtua Mahasiswa (POM) IPB, Dr. Hasim,DEA., mengajak para orang tua mahasiswa baru IPB Tahun Akademik 2013/2014 untuk senantiasa bersyukur dengan telah diterimanya putra putri mereka di IPB. Pasalnya, pada waktu yang sama ada jutaan lulusan SMA tengah berjuang untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).
Ajakan Dr. Hasim ini disampaikannya di hadapan ribuan orang tua  mahasiswa baru IPB di Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Darmaga Bogor, dalam pertemuan orang tua mahasiswa baru, selasa (18/6). Menurut Dr. Hasim, pilihan untuk masuk IPB adalah pilihan yang tepat, di tengah semakin tingginya kebutuhan pangan dunia. Dengan menuntut ilmu di IPB, otomatis putra-putri mereka telah membantu ketersediaan pangan, tandas Dr. Hasim.
Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof Dr Yonny Koesmaryono menyampaikan, IPB sengaja mengambil waktu acara pertemuan orangtua mahasiswa baru bersamaan dengan SBMPTN, karena IPB tidak ingin ada calon mahasiswa yang berlaku oportunis, yakni dengan mengikuti SBMPTN. “IPB tidak mau diduakan,” tegas Prof.Yonny yang disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir.
Prof. Yonny juga menjelaskan beragam keunggulan IPB, diantaranya tersedianya asrama bagi mahasiswa baru untuk tahun pertama. Selain itu juga Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diterangkan secara terperinci kepada orangtua. Meski kemudian kedua hal ini pula yang menjadi bahasan menarik saat sesi tanya jawab.
Seperti dikemukakan orangtua yang berasal dari Solo Jawa Tengah, yang mengusulkan agar kewajiban tinggal di asrama bagi mahasiswa adalah selama mereka kuliah hingga lulus, tidak seperti sekarang yang hanya satu tahun. Menanggapi usulan ini, dengan lugas Prof. Yonny menjelaskan bahwa IPB pun menginginkan hal yang sama, namun terkendala satu dan lain hal. Selain itu juga adanya protes dari masyarakat lingkar kampus yang memiliki kos-kosan  karena merasa dirugikan jika mahasiswa wajib asrama selama empat tahun. “Jangankan empat tahun, yang satu tahun saja kami sudah diprotes masyarakat,’’ ujar Prof. Yonny.
Sebelumnya, Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto menyambut gembira kehadiran para orangtua dari 2.150 mahasiswa baru IPB. Dengan bangga, Rektor menyampaikan bahwa mahasiswa tahun ini adalah mahasiswa angkatan emas, seiring dengan ulang tahun IPB ke-50 pada tahun 2013.
Pada bagian lain, Rektor juga sempat membahas UKT yang menjadi banyak pertanyaan para orang tua. Disebutkan, bahwa UKT ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Meski demikian IPB yang dikenal sebagai kampus rakyat telah berhasil menyakinkan pemerintah untuk menerapkan UKT ini dengan delapan kategori.
Tampak hadir dalam kesempatan ini Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) IPB, Prof. Dr. Ahmad Chozin, para Dekan, Direktur Tingkat Persiapan Bersama (TPB) Dr. Ibnul Qayim dan kepala Badan Pengelola Asrama Dr.Irmansyah. (nm)
Acara Pertemuan Orangtua mahasiswa dengan Pimpinan IPB berlangsung di dua tempat, untuk fakultas pertanian, Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan  dan Fakultas Kedokteran Hewan  bertempat di Gymnasium Kampus IPB Darmaga. (nm)
http://www.ipb.ac.id

Leave a Reply


6 − = satu

Copyright © 2013 Hubungan Alumni IPB · All rights reserved · :)